Wednesday, 11 April 2012
0
komentar
Sejarah perkereta api an
di jawa tengah, indonesia merupakan negara kedua di ASIA setelah india yang
mempuyai jaringan kereta api (KA). Pembangungan jalur kereta api di indonesia
dimulai tahun 1864, pada awalnya banyak menemui hambatan, kondisi alam yang
sulit, maupun masalah keuangan. hingga akhirnya pada 10 agustus 1867 jalur
kereta api pertama di indonesia berhasil diresmikan, sepanjang 26 km
menghubungkan semarang(kemijen) dengan tambun kebupaten grobogan jawa tengah. Stasiun
kemijen ditambak sari semarang merupakan stasiun pertama di indonesia. Namun pada
tahun 1914, stasiun ini terpaksa di bongkar untuk pembangunan jalan rel menuju
Stasiun Nederlands Indische Spoor Maatschappij (NISM) yang baru ditawang
semarang. Meski jalur Semarang tanggung baru diresmikan pada tahun 1863. NISM
telah memesan 2 lokomotif yang masing-masing berseri NIS 1 dan NIS 2 mulai
dioperasikan di semarang pada 22 juni 1865. Dikota semarang merupakan
tempat kedudukan 3 manageman perusahaan –
perusahaan kereta api Swasta yaitu NISM (Nederlands Indische Spoor Maatschappij),
SJS (Semarang Juwana Stoomtram Maatschappij),SCS (Semarang Cirebon Stoomtram Maatschappij).
Kantor besar NIS di den Haag atau sekarang lebih dikenal dengan gedung lawang
sewu. Sedangkan SJS dan SCS berkantor yang sekarang dikenal dengan jalan
tamrin. NIS selain membangun jalan jalur Kemijen-tambun, pada tahun 1873 juga
membangun jalur Semarang, Jogja, Solo serta jalur cabang Kedungjati sampai
Ambarawa.
Artikel Terkait:
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul:
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://masdeitha.blogspot.com/2012/04/sejarah-kereta-api-di-indonesia.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5