KLIK SALAH SATU IKLAN UNTUK MENUTUP

Cara Unik Menyembunyikan File di Flashdisk

Posted by Unknown Monday 30 September 2013 1 komentar
Gamarue adalah salah satu bentuk nyata semakin maraknya infeksi malware (malicious software) dari luar yang menyebar di Indonesia. Gamarue adalah malware bertipe worm berukuran 81.0 KB (82,944 bytes) tanpa di-pack. Gejala infeksi yang disebabkan Gamarue ini dapat terlihat dari folder dan file pada removable drive seperti flash drive yang tidak terlihat dan hanya tersisa satu file shortcut.
Aksi
Ketika aktif di memory, Gamarue meng-copy dirinya ke folder C:\Documents and Settings\All Users\Local Settings\temp\ dengan nama acak dan ekstensi file acak ber-attribut hidden dansystem. Ekstensi file bisa berupa *.bat, *.cmd, *.exe, *.com, *.pif atau *.scr.
Saat removable media dimasukkan ke dalam komputer yang terinfeksi oleh Gamarue, maka Gamarue membuat suatu folder baru untuk memindahkan semua file atau data pada removable drive dan mengubah attribut folder tersebut menjadi hidden dan system. Yang unik dari Gamarue adalah membuat 5 file berbeda pada root removable drive yang saling berhubungan satu sama lain, ke 5 file tersebut yaitu:
Autorun.inf,
%nama_acak%.init
Merupakan file *.dll yang berfungsi melakukan dekrip pada file thumbs.db. Jika file thumbs.db sudah di dekrip, maka file akan diletakkan pada C:\Temp dengan nama TrustedInstaller.exe
Thumbs.db

Merupakan file executable yang di-enkrip.
%nama_removable_drive% + %size%.lnk ,

merupakan file shortcut untuk meng-eksekusi file *.init, nama file shortcut menyesuaikan nama label dan kapasitas removable drive, jika ber-label “DATA” dan ber-kapasitas 2GB maka file yang dibuat bernama DATA(2GB).lnk
desktop.ini,

File ini bukanlah file system Windows tapi merupakan file yang berisi kode yang bisa dibaca dan dijalankan oleh Gamarue,
Selain itu proses Gamarue juga tidak terlihat di memory karena Gamarue melakukan injeksi pada process wuauclt.exe ( Proses Windows Update )
Agar dapat aktif saat startup, Gamarue membuat item startup di :
HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\Run
%nama acak%= C:\Documents and Settings\All Users\Local Settings\temp\%nama acak%.%ekstensi acak%

PCMAV 9.3 Update Build1
Untuk membasmi malware ini ataupun varian malware lainnya, PCMAV 9.3 Update Build1 telah hadir dengan penambahan 15 pengenal varian malware baru. Bagi Anda pengguna PCMAV 9.3, sangat disarankan segera melakukan update, agar PCMAV Anda dapat mengenali dan membasmi malware lebih banyak lagi.
Untuk mendapatkan dan menggunakan update PCMAV ini, Anda cukup menjalankan PCMAV.exe, komputer harus dalam keadaan aktif terhubung ke Internet. Jika koneksi Internet menggunakan proxy, tentukan konfigurasi proxy pada menu Setup – Updater. Fitur Automatic Updates dari PCMAV akan secara otomatis men-download dan meng-update database dari PCMAV. Anda juga dapat mengupdate kapan saja dengan klik tombol “Check for Updates” pada menu Update.
Bagi Anda yang ingin mendapatkan file update tersebut secara manual, Anda bisa men-download file-nya melalui link ini:
Download vx1.sig:

Letakkan file hasil download tersebut (vx1.sig) ke dalam folder \vdb. Jika sebelumnya telah terdapat file update yang lama, Anda cukup menimpanya. Pastikan sekali lagi, bahwa nama file update adalah vx1.sig, jika berbeda, cukup ubah namanya. Dan nanti saat Anda kembali menjalankan PCMAV, ia sudah dalam keadaan kondisi ter-update.
File-file berikut harus di-update manual:
Download cure.zip:

Ekstrak dan letakkan file hasil download tersebut (cure.dll) ke dalam folder \lib. Jika sebelumnya telah terdapat file yang lama, Anda cukup menimpanya.
Daftar tambahan virus hingga PCMAV 9.3 Update Build1:
Bifrose
Brenasa
Brenasa.ini
Dracula.vbs
Dream
Dream.inf
Gamarue
Gamarue.exe.A
Gamarue.exe.B
Gamarue.exe.C
GPCoder.C
GPCoder.C.bmp
GPCoder.C.exe
GPCoder.C.txt
VB-Keylogger


Artikel Terkait:

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Unik Menyembunyikan File di Flashdisk
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://masdeitha.blogspot.com/2013/09/cara-unik-menyembunyikan-file-di.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Comments
1 Comments

1 komentar:

Agus said...
This comment has been removed by a blog administrator.

Post a Comment

like facebook